Rabu, 04 Mei 2016

Coral Bleaching Ancam TNP Laut Sawu, BKKPN, TNC dan Reff Check Lakukan Survei Puncak Pemutihan



Menanggapi adanya kenaiakan suhu permukaan laut pada bulan Maret dan April 2016 di perairan Laut Sawu, menjadi ancaman bagi terumbu karang di wilayah tersebut, ini disebebkan alga (zooxanthellae) yang melakukan simbiosis mutualisme dengan karang akan stres berada di perairan dengan suhu di atas 29 hingga 30 derajat celsius. Kenaikan suhu tersebut membuat alga akan keluar meninggalkan terumbu karang dan menyebabkan pemutihan karang (Coral Bleaching).

(sumber : P3SDLP Balitbang KP, Satelit NOAA)
(sumber : P3SDLP Balitbang KP, Satelit NOAA)












Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang bersama The Nature Conservancy Program Laut Sawu dan Reef Check Indonesia selaku pemangku kepentingan di TNP Laut Sawu melakukan rencana pemantauan kesehatan terumbu karang dan pemutihan karang dengan metode Survei Puncak pemutihan, metode ini berdasarkan Bleaching Alert  Pada Panduan Pemutihan Terumbu Karang yang dibuat oleh Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut, Ditjen Pengelolaan Ruang Laut.

Rapat Persiapan Survei Puncak Pemutihan (4/05/2016)

Survei Pemantauan akan dilaksanakan di delapan kabupaten yaitu mulai dari Kabupaten Rote Ndao, Sabu Raijuan, Kupang, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, Manggarai, dan berkhir di Kabupaten Manggarai Barat. 

Dengan adanya survei ini diharapakan dapat mengetahui sebaran karang yang teridentifikasi pemutihan karang, dan data tersebut dapat menjadi data dasar untuk pemantauan selanjutnya. (Suhaidi,Kastian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar